Minggu, 14 Oktober 2012

Perkembangan game

Video Game adalah sebuah permainan dengan dengan tampilan sebuah gambar atau visual yang dapat memberikan respon balik jika diberikan perintah-perintah tertentu menggunkanan alat kontrol pada seperangkat sistem elektronik. Kata Video Game pada dasarnya mengacu pada istilah “raster display device” . Banyaknya jenis sistem yang digunakan untuk menggenerate display game senghingga dinamakan platform, contok Personal Computer dan konsol. Media yang diggunakan sebagai input data untuk memanipulasi/memainkan game dinamakan Cotroller, controller pada konsol dinamakan Joystick, sebuah papan portable berisi tombol-tombol untuk memasukan perintah-perintah pada game. Controller pada PC tetap berupa keyboard dan mouse yang digunakan bersamaan secara simultan. 

Dalam sejarah singkatnya, pada tahun 1980-an sudah ada persaingan ketat dari developer maupun publisher game dalam memasarkan game maupun console gamenya. Untuk memainkan game tersebut sudah tentu memerlukan sebuah televisi sebagai tampilan visualnya. Perusahaan game yang terkanal pada saat itu diantaranya adalah Sega, Nintendo, dan Atari.

Video game ada sebuah multimedia interaktif yang bertujuan sebagai sarana hiburan. Sedangkan console game sendiri adalah sebuah alat yang dapat menghubungkan video game dengan media visual dengan bantuan joystick. Joystick memiliki beberapa tombol pengarah (atas, bawah, kiri, kanan) maupun tombol aktivasi lainnya, sehingga di layar visual kita dapat memainkan sebuah character yang dapat kita kontrol sesuai dengan fungsi joystick.
Memasuki tahun 2000-an teknologi game sudah berkembang pesat, ini dibuktikan dengan munculnya console game baru dan microsoft windows yang juga dapat memainkan bermacam-macam  game yang berkualitas tinggi di dalam komputer. Console game yang muncul contohnya Playstation, Playstation2, PSP, dan Playstation3 buatan Sony. Lalu untuk Nintendo sendiri juga sudah muncul muncul console baru yaitu Nintendo DS yang berfungsi sama dengan PSP (portable) sehingga kita dapat memainkan game dimana saja kita suka. Console game yang lain contohnya Xbox, GameCube, dan masih banyak lagi.
Perkembangan game yang paling fenomenal sendiri adalah gamer tidak lagi hanya dapat bermain secara multiplayer saja (bermain dengan player 1 console) tetapi sekarang sudah dapat bermain secara LAN ( Local Area Network  dalam game computer ) maupun secara Online  sehingga seorang player dapat bertemu dengan orang lain yang tidak terhubung dengan kabel console lagi. Beberapa game terkenal dalam sistem ini diantaranya Counter Strike dan Warcraft. Game yang telah dipublikasikan secara online ini telah menarik perhatian dari gamer di seluruh dunia dan tak jarang adanya event-event atau kejuaraan yang diselenggarakan untuk game tersebut demi memperlihatkan kemampuan gamer terbaik di seluruh dunia.


1 komentar:

Kita juga mempunyai jurnal mengenai Game Online, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya: http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6172/1/Dokumentasi%20Presentasi.pdf
Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites